Senin, 03 Mei 2010

Hindari Kebocoran Rumah Sakit dengan memakai SIMRS

Bisnis rumah sakit di Indonesia ke depan sangat bagus karena jumlah penduduk yang semakin banyak, terbukti bisnis rumah sakit di Indonesia tahan diterpa krisis global di awal 2009-an ini.

Agar bisnis rumah sakit bisa profit dan safety perlu didukung SIMRS yang baik dan mewakili semua kegiatan rumah sakit.

Banyak rumah sakit di Indonesia yang menerapkan system manual atau belum memakai sim-rs atau simrs hanya sekedar pelengkap saja.

Hati-hati bagi pemilik rumah sakit yang belum mempunyai simrs yang baik karena bisa saja keuangan rumah sakit digerogoti stafnya sendiri yang tahu kelemahan rumah sakit tempat mereka bekerja.

Ada beberapa indikasi kebocoran-kebocoran keuangan yang dilakukan staff rs dengan tidak menggunakan simrs yang baik seperti :

1.Memanipulasi rincian biaya pasien
Contoh kasus : Pasien A dirawat inap karena melakukan SectioCesario (SC) dan dirawat dikelas VIP selama 3 hari. Pada saat pulang bagian billing membuat rekap scnya dengan penyulit dan dirawat dikelas vip dengan total tagihan RP 14.000.000,- dan ditagihkan ke pasien dan pasien bayar.
Begitu pasien pulang data 2 pasien A tersebut dirubah di perawatan kelas III dengan tindakan operasi S/C biasa dengan total tagihan RP 6.000.000,- .
Dengan contoh satu kasus saja jelas pasien saja pihak rumah sakit dirugikan sebanyak 8.000.000,- ( INI HANYA ILUSTRASI).

2.Memanipulasi data obat
Bagian farmasi bisa aja memanipulasi data stock , dan tidak mungkin owner rumah sakit mengontrol obat satu-satu,

3.Menghilangkan document pasien
Bisa saja kunjungan pasien yang seharusnya 10 dilaporkan 7.

Data diatas hanya ilustrasi saja, dan masih banyak kemungkinan kebocoran-kebocoran bila tidak menggunakan SIMRS yang teritegrasi dan baik.

Ada beberapa rumah sakit yang masih manual dan setelah menggunakan simrs di beberapa bulan kedepan pendapatannya meningkat sangat signifikan.

Bila rumah sakit anda ingin mencari SIMRS yang berkualitas kami siap membantu.
http://sim.kuliahbersama.com/






sumber:

http://amandasoft.net/index.php?action=news.detail&id_news=12



Tidak ada komentar:

Posting Komentar